Venture Capital Adalah : Berikut Pengertian Hingga Jenisnya!

Venture Capital adalah sebuah perusahaan yang dibangun khusus untuk memberikan investasi ke perusahaan-perusahaan kecil. Berikut ulasan lebih lengkapnya!

Venture Capital Adalah?

Harbolnas|Venture Capital Adalah : Berikut Pengertian Hingga Jenisnya!

Istilah dari Venture Capital mungkin masih terdengar asing di sebagian orang. Namun bagi orang yang mempunyai bisnis, istilah ini pastinya cukup sering didengar. Venture capital adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu. Venture capital atau modal ventura adalah bentuk private equality dan salah satu jenis pembiayaan yang diberikan pemodal kepada perusahaan rintisan yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa pengertian Venture Capital dari beberapa ahli :

Robert White. Venture capital adalah bisnis pembiayaan untuk memunginkan pembentukan dan pengembangan usaha-usaha baru di bidang teknologi dan/atau nonteknologi.

Tony Lorenz. Venture capital adalah sebuah investasi jangka panjang dalam bentuk pemberian modal yang mengandung resiko dimana penyedia dana itu mengharapkan capital gain.

Martono. Venture capital adalah sebuah modal yang ditanamkan pada usaha yang mempunyai resiko dimana tujuan dari penanaman modal itu adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa bunga atau deviden.

Dahlan Siamat. Menurut Dahlan Siamat, Venture capital adalah modal yang ditanamkan pada sebuah usaha yang mengandung resiko baik penyertaan modal saham, obligasi konversi dan lain lain.

Amelia Widhesti. Menurut Amelia Widhesti, pengertian Venture Capital adalah suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal pada suatu perusahaan pasangan usaha yang ingin mengembangkan usahanya dalam jangka waktu tertentu.

Dana dari Venture capital adalah sesuatu yang diharapkan oleh beberapa orang yang berkecimpung di dunia start up. Dengan modal yang diberikan oleh Venture capital perusahaan tersebut bisa berkembang sedikit demi sedikit dan bisa bersaing dengan bisnis bisnis lainnya. Modal ini biasanya berasal dari seorang investor kaya ataupun juga lembaga keuangan lainnya, dan hal tersebut tidak selalu dalam bentuk moneter tapi juga bisa diberikan dalam bentuk keahlian teknis maupun manajerial, perlu diketahui dalam kesepakatan.

Mekanisme Dari Venture Capital

Harbolnas|Venture Capital Adalah : Berikut Pengertian Hingga Jenisnya!

Dalam mekanisme pelaksanaan Venture Caputal setidaknya ada 3 unsur yang terlibat di dalamnya, yaitu :

  • Pemilik Modal. Unsur yang pertama terlibat dalam kegiatan ini pastinya adalah pemilik modal. Pemilik modal yang mengharapkan sebuah keuntungan tinggi dari modal yang dimiliki. Modal ini biasanya berasal dari berbagai sumber atau investor yang ada dalam 1 lembaga yang dibentuk dan disebut dengan Venture Captal Funds.
  • Profesional. Unsur yang terlibat selanjutnya adalah profesional. Profesional yang mempunyai keahlian dalam mengelola investasi dan berbagai jenis investasi potensial. Profesional ini bisa berupa lembaga.
  • Perusahaan. Dan unsur yang terakhir adalah perusahaan. Perusahaan yang sedang membutuhkan modal untuk perkembangan usahanya yang dibiayai disebut dengan Investee Company.

Berikut ini adalah beberapa proses yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan Venture Capital. Langkah yang pertama adalah mengajukan rencana bisnis baik itu ke firma modal ventura atau ke angel investor, apabila proposal yang telah diajukan sukses untuk menarik minat investor maka perusahaan atau investor akan melakukan uji tuntas yang mencakup penyelidikan menyeluruh seperti model bisnis perusahaan serta mengetahui produk yang diciptakan.

Jenis Jenis Venture Capital

Harbolnas|Venture Capital Adalah : Berikut Pengertian Hingga Jenisnya!

Perlu kamu ketahui bahwa Venture Capital ini mempunyai beberapa jenis yang berbeda beda. Setiap jenisnya mempunyai spesifikasi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis Venture Capital yang paling umum digunakan :

1. Seed Capital

Seed Capital adalah pendanaan tahap awal yang biasanya dicari oleh pada startup yang belum mempunuai produk atau belum terorganisir dengan baik.

2. Startup Capital

Startup capital adalah jenis pendanaan yang bagi startup yang sudah mempunyai produk sendiri. Suntikan pendanaannya biasanya diberikan kepada mereka yang melakukan proses perekrutan tim hingga riset pasar.

3. Early Stage Capital

Jenis Venture Capital selanjutnya adalah Early Stage Capital. Jenis ini startup yang sudah mendapatkan pendanaan harusnya sudah mempunyai struktur organisasi yang cukup lengkap dan sudah berkembang penjualannya dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun ke depan.

4. Expansion Capital

Jenis Venture Capital yang selanjutnya adalah Expansion Capital. Jenis ini merupakan pendanaan yang diberikan kepada startup yang sudah mapan serta bisa melakukan proses ekspansi.

5. Late Stage Capital

Lalu ada Late Stage Capital. Jenis ini adalah jenis venture capital yang terakhir. Pada proses ini startup sudah menunjukkan pencapian yang mengesankan serta dana yang diberikan akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dan menambah modal perusahaan.

Beberapa Venture Capital Asing Yang Sering Melakukan Pendanaan di Indonesia

Harbolnas|Venture Capital Adalah : Berikut Pengertian Hingga Jenisnya!

Di luar negeri sana banyak sekali perusahaan investor yang cukup terkenal dan juga bisa dibilang cukup rajin melakukan pendanaan dan melakukan Venture Capital di beberapa startup di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang sering melakukan Venture Capital di Indonesia :

1. GGV

Perusahaan investor asing yang sering melakukan Venture capital di Indonesia adalah GGV. GGV memimpin pendanaan seri B pada startup sebagai penyeia tanda tangan digital dengan dana sekitar Rp 247 miliar pada bulan Oktober. Perusahaan asal Singapura ini kemudian melakukan pendanaan pada bulan Agustus dengan total Rp 801 miliar ke startup terkenal di Indonesia yaitu Ruangguru.

2. Lightspeed Ventures

Perusahaan investor yang sering melakukan venture capital selanjutnya adalah Lightspeed Ventures. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini terlibat dalam putaran pendanaan Ula dan Shipper.

3. Sequoia Capital India

Dan perusahaan investor yang sering melakukan venture capital di Indonesia adalah Sequoia Capital India. Investor yang berasal dari India ini melakukan pendanaan di Kopi Kenangan serta Bibit. Selain itu, perusahaan ini memimpin pendanaan seri B pada startup logistik SHipper pada tahun 2021.

4. Golden Gate Ventures

Perusahaan ini memberikan modal seed venture lebih dari 30 perusahaan di lebih dari 7 negara Asia. Perusahaan yang berdiri sejak 2011 ini berinvestasi pada startup internet & selular di banyak sektor termasuk e-commerce, pembayaran, pasar, aplikasi mobile, dan platform SaaS. Beberapa startup yang mendapat sokongan dari Golden Gate Venture seperti Gojek, Carousel, Alodokter, Tanihub dan lain sebagainya.

5. Agaeti Ventures

Salah satu bisnis digital yang mendapat suntikan dari Agaeti Ventures adalah Fore, Wahyoo, Akseleran, CoHive dan Yummy Corp. Venture capitalist ini mendukung teknologi Pra-Seri A dan Seri A atau yang baru berkembang di Indonesia dan fokus ekspansi ke Asia Tenggara.

Harbolnas|Venture Capital Adalah : Berikut Pengertian Hingga Jenisnya!

Berikut ini adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh Venture Capital :

  1. Mencari startup yang berpotensi. VC akan melakukan pencarian terhadap startup mana saja yang mempunyai potensi untuk diberikan dana. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi startup yang ingin mendapatkan suntikan dana.
  2. Melakukan analisa startup yang akan di danai. Setelah mendapatkan nama nama startup yang akan di danai, VC akan melakukan analisa pada potensi pasar dan juga keuangan pada startup yang sudah diseleksi.
  3. Dukungan startup. Untuk bisa memberikan suntikan dana, VC juga butuh komotmen dan juga dedikasi dalam waktu yang cukup lama yait bisa mencapai 5 sapai 8 tahun.
  4. Membangun jaringan dan juga branding. Jika sudah melakukan pendanaan, maka startup itu akan menjadi bagian dari VC. Startup itu punya kesempatan untuk membangun jaringan dan melakukan branding secara lebih luas.
  5. Hubungan dengan limited partners. VC akan bertanggung jawab atas pendanaan yang diberikan kepada startup dan membuat kaporan dan pembaruan status berkala atas startup tersebut.
  6. Operasi internal. Tugas lainnya yang dilakukan oleh VC adalah perihal administrasi, akuntansi dan masih banyak lagi.

Jika Anda menjalankan bisnis, tentu ingin mendapatkan modal usaha untuk berkembang. Venture capital adalah pilihan untuk Anda mendapat suntikan modal.

Keyword : venture capital adalah

Author : nadia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *